TIPS AGAR SEPATU TIDAK BAU DAN CARA MENGHILANGKANNYA

TIPS MENCEGAH SEPATU TIDAK BAU






     Mencegah lebih baik daripada menghilangkan bau di sepatu. Kiat-kiat berikut ini akan membantu Anda menghambat pembentukan bau tidaksedap dalam sepatu.
Rotasi pemakaian sepatu Anda. Istirahatkan sepatu Anda selama minimum 24 jam di antara pemakaian.
Kenakan kaus kaki tidak lebih dari sehari, bawa kaus kaki cadangan pada hari supersibuk sehingga Anda bisa berganti pada sekitar tengah hari. Kaus kaki yang telah dipakai untuk berolah raga semestinya tidakdilanjutkan dikenakan untuk beraktvitas lain.
Gunakan bedak khusus kaki di sela jari-jari kaki sebelum mengenakansepatu.
Sebisa mungkin pilih bahan alami untuk sepatu dan kaus kaki. Bahan kulit atau katun memungkinkan sepatu bernapas lebih mudah. Kaus kaki berbahan katun mudah menyerap keringat dan kelembapan.
Pilih sepatu olah raga berstruktur jala untuk memudahkan bagian dalamnya dan kaki Anda bernapas

Tips menghilangkan bau sepatu


Bau dalam sepatu dipicu bakteri yang berinteraksi dengan keringat. Artikel ini menjelaskan cara menghilangkan bau sepatu dan tips kebiasaan memakai sepatu.
Ikuti petunjuk perawatan sepatu Anda untuk mengetahui cara menghilangkan baunya.
Poin-poin penting:
👢 Bubuk soda kue, bedak putih, dan koran bisa Anda pakai untuk menyerap bau di rongga sepatu.
👢 Membekukan dan mengeringkan sepatu bisa membantu mematikan bakteri penyebab bau sepatu.
👢 Rotasi pemakaian sepatu Anda dan kenakan kaus kaki tidak lebih dari sehari.
Sepatu bau dipengaruhi oleh iklim, kondisi tubuh, kebiasaan si pemakai, dan kondisi fisik sepatu itu sendiri. Iklim tropis dengan kelembapan udara tinggi seperti di Indonesia membuat lingkungan di dalam sepatu juga cepat berubah menjadi lembap dan hangat. Kondisi tersebut menjadi semakin parah jika Anda termasuk orang yang mudah berkeringat, terutama di kaki, dan jika Anda memiliki kebiasaan buruk seputar pemakaian sepatu. Sedangkan kondisi fisik sepatu mencakup bahan dan strukturnya yang menentukan kemudahan sepatu bernapas.
Untuk menghilangkan bau kaki di sepatu, keempat faktor tersebut perlu Anda perhatikan.
Cara menghilangkan bau kaki pada sepatu
Bau kaki pada sepatu dihasilkan oleh bakteri yang berinteraksi dengan keringat. Kondisi lembap dan hangat di dalam sepatu sangat cocok bagi bakteri untuk tumbuh dan memproduksi bau menyengat.
Kaus kaki yang dikenakan lebih dari sehari dan pemakaian sepatu yang tidak dirotasi membuat bau sepatu semakin tajam karena penumpukan bau tanpa jeda yang cukup.

Berikut ini 7 cara mengatasi sepatu bau:

1. Mengeringkan sepatu. Taruh sepatu di luar rumah dan biarkan hingga kering. Sebagian sepatu bisa dijemur di bawah sinar matahari langsung, tetapi sebagian yang lain hanya bisa diangin-anginkan agar tidak merusak bahannya. Baca petunjuk perawatan sepatu Anda.
2. Mencuci sepatu. Periksa petunjuk perawatan sepatu kets atau sepatu olah raga Anda untuk mengetahui apakah bisa dicuci. Sebagian sepatu kets dan sepatu olah raga bahkan bisa dicuci di mesin cuci.
3. Menaburi sepatu dengan bubuk penyerap bau. Bubuk soda kue merupakan bahan alami yang mampu menyerap bau. Taburkan sedikit bubuk soda kue atau bedak putih di dalam sepatu dan biarkan semalaman. Singkirkan serbuk ini sebelum sepatu dikenakan.
4. Memanfaatkan koran. Koran juga mampu menyerap bau. Buat gumpalan kertas koran, lalu pakai untuk menyumpal rongga sepatu. Biarkan selama sepatu tidak dipakai atau ketika disimpan agar sekaligus menjaga bentuk sepatu.
5. Memakai produk penghilang bau sepatu. Kebanyakan produk semprotan penghilang bau dalam sepatu mengandung enzim dan/atau bakteri yang mampu melawan penyebab bau sepatu dengan hasil instan.
6. Menambahkan pewangi. Bahan-bahan beraroma sedap bisa Anda pakai untuk menggantikan bau di dalam sepatu. Letakkan kulit jeruk di dalam sepatu dan biarkan semalaman. Atau, teteskan sedikit minyak esensial di sol dalam sepatu dan biarkan hingga kering.
7. Mengganti sol dalam sepatu. Di pasaran tersedia sol dalam sepatu yang terbuat dari bahan antijamur. Jika produk semacam ini sulit didapatkan, pilih sol dalam berbahan katun. Apa pun yang Anda pilih, ganti sol dalam sepatu secara rutin sendiri di rumah atau memakai jasa tukang sol sepatu..

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "TIPS AGAR SEPATU TIDAK BAU DAN CARA MENGHILANGKANNYA"

Post a Comment