CARA MEREGLUE SEPATU DENGAN AMPUH! by Mr. Ken Patra

all credit to Mr. Ken Patra
thank you for sharing 

halo, sedikit ingin share ilmu alakadarnya mengenai reglue.
reglue disini dalam artian proses pengeleman kembali dari upper dan sole unti yang terbuka. teman teman disini pasti mengalami kasus ini kan (gambar 1) . baik sepatu lama dan aga baru terkadang ada kasus dimana midsole membuka. kalo orang yang cuek sih gamasalah, gimana kamu yang cinta banget sama itu sepatu dan ga rela dia harus terluka, sementara kamu adalah orang yang bermental DIY. 


di sini saya persempit dulu kondisi sepatu yang ideal untuk dilakukan kembali reglue:


1. sepatu yang masih memiliki usia cukup muda tapi ada bagian yang terbuka

2. sepatu yang memiliki jam terbang tinggi dengan kondisi baik tapi ada bagian yang terbuka


kondisi midsole hancur, terlalu terkikis dan banyak kerusakan tidak saya sarankan karena upaya anda akan tidak worth, solusinya ya swapsole ajaa.

Disclaimer: do it with your own risk!


baik daripada berpanjang lebar kita masuk pada bagian alat alat yang diperlukan:


merujuk pada (gambar 2) terdiri dari:
1.aseton (bisa di beli di apotek)
2.kapas
3.lcontact adhesive (lebih familiar disebut lem fox dan aibon )
4.heat gun (hairdryer kurang disarankan karena panas nya kurang baik, 
bukan barang wajib tapi kalo punya hasil akhir akan lebih signifikan)
5.mini grinder (bisa di ganti amplas)


LANGSUNG AJA CARA-CARANYA CEKIDOT!





                                 1. Gambar sepatu yang midsolenya sudah mencuil.




                                                2. Bahan2 yang digunakan





 3 Lubang nya di lebarin dulu mas, bisa dengan aceton atau teknik pemanasan dengan tujuan membuka lem yang ada. Untuk material sensitif (suede/printed kanvas) hati hati yaa. kenapa? Kalo yang di lem itu aja percuma. Why? Kok malah nambah masalah mz? Gini, lambat atau cepat nantinya lem lama akan membuka juga, lebih baikme replace satu area lem supaya lebih efisien.






 4  kelar kita lebarin area yang akan kita lem, langkah selanjutnya kita kikis bagian lem lama yang ada baik di kedua sisi kalo punya mini grinder itu akan lebih mempersingkat waktu dan hasil lebih baik, tapi dengan amplas pun ga masalah. Asal sabar dan telaten jangan sampe salah amplas.





 5 Setelah di amplas akan terlihat hasil seperti ini, makin kasar makin baik. Tapi jangan sampe terlalu mengikis ya. Permukaan yang kasar memberikan daya kontak yang baik untuk lem nantinya  






 6 Next , lem nya. Jangan di isep ya guys. Disini saya juga mau mengingatkan please jangan termakan ucapan “pake lem g aja” hancur sepatumu nanti.






 7 Lalu kita olesin lem nya, pake alat bantu lebih baik. Saya saranin alat bantu oles bawaan lem castol. Lem nya gausah tebel tebel, harus rata ya.





                                  
 8 Setelah lem rata, keringin dulu. Kira kira 45 menit di depan kipas angin. Jaga kedua belah sisi ga ketemu. Kalau punya heat gun sebelum pemasangan setelah lem kering disarankan memanaskan midsole dari luar, kenapa? Supaya karetnya lentur. Panasin sewajarnya ya sampe kira kira karet aga lunak







 9 Voila tinggal dirapetin deh, sekalian di pijet pijet supaya meratakelar? Nope







10 Di jepit pake penjepit kertas, just in case kebuka dan kasih tekanan ke media yang di lem. Jangan lupa bungkus sepatumu di kresek dan masukin ke freezer kurang lebih 30 menit, harus? Enggak, tapi lebih baik. Setelah di keluarkan kasih aktu 24 jam supaya lem benar benar kering dari dalam.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "CARA MEREGLUE SEPATU DENGAN AMPUH! by Mr. Ken Patra"

Post a Comment